Selasa, 04 November 2014

Hewan yang Hidup Di Udara

Burung Hantu


Burung hantu adalah burung pemangsa yang berburu di malam hari. Pendengarannya yang tajam dan matanya yang besar berguna untuk menangkap binatang seperti tikus dan kelinci dalam kegelapan malam. Bulunya yang halus membantunya terbang tanpa suara. Suara burung hantu mudah dikenali.







Alka Laut


Alka laut adalah burung laut kecil di belahan utara Samudera Atlantik dan Pasifik. Mereka mempunyai paruh besar yang menjadi berwarna-warni cerah saat mencari pasangan. Pada musim dingin. paruhnya berwarna kuning pucat. Alka laut makan belut pasir dibawa ke sarang dengan paruhnya. Walaupun bentuk tubuhnya seperti batang pohon, ia adalah penerbang cepat yang dapat menyelam untuk menangkap belut. Alka laut hidup dalam kelompok besar di atas tebing. Mereka bersarang di liang berbentuk terowongan panjang yang digali sendiri atau bekas kelinci. Alka laut betina bertelur satu butir di sana.

Kelelawar

Foto kelelawar
Binatang ini merupakan satu-satunya mamalia yang bisa terbang. Hewan nokturnal yang ber-navigasi menggunakan suara frekwensi tinggi ini dapat ditemukan dimana-mana dan jenisnya pun banyak.



kupu-kupu

Secara sederhana, kupu-kupu dibedakan dari ngengat alias kupu-kupu malam berdasarkan waktu aktifnya dan ciri-ciri fisiknya. Kupu-kupu umumnya aktif di waktu siang (diurnal), sedangkan ngengat kebanyakan aktif di waktu malam (nocturnal). Kupu-kupu beristirahat atau hinggap dengan menegakkan sayapnya, ngengat hinggap dengan membentangkan sayapnya. Kupu-kupu biasanya memiliki warna yang indah cemerlang, ngengat cenderung gelap, kusam atau kelabu. Meski demikian, perbedaan-perbedaan ini selalu ada perkecualiannya, sehingga secara ilmiah tidak dapat dijadikan pegangan yang pasti. (van Mastrigt dan Rosariyanto, 2005).



0 komentar:

Posting Komentar

Template by:

Free Blog Templates